9 Parpol Tak Lolos Verifikasi KPU

9 Parpol Tak Lolos Verifikasi KPU

Ilustrasi KPU dan Bawaslu

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan kepada smebilan partai politik untuk melengkapi berkas persyaratan menjadi calon peserta Pemilu 2019. Sebelumnya sembilan Parpol itu diketahui tidak lolos verifikasi.‎

Demikian disampaikan Komisioner KPU, Hasyim Asy`ari, di kantornya Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2017). Sembilan parpol yang diberikan kesempatan untuk melengkapi berkas persyaratannya yakni, Partai Idaman, PKPI Hendropriyono, PBB, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia, serta Partai Indonesia Kerja.

‎Menurut Hasyim, keputusan tersebut diambil setelah adanya ketetapan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengabulkan gugatan sembilan parpol karena sempat tidak lolos verifikasi. “Kesembilan parpol ini adalah atas perintah Bawaslu, kemudian diberikan kesempatan menyerahkan kelengkapan dokumen yah,” ucap Hasyim.
 ‎
Menurut Hasyim, sembilan parpol tersebut diberi waktu 14 hari masa kerja untuk melengkapi dokumen persyaratannya dan harus dikembalikan ke KPU dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. KPU juga menyerahkan kembali administrasi persyaratan dokumen untuk dilengkapi oleh sembilan parpol ‎itu.

“Terhadap dokumen-dokumen persyaratan (yang harus dilengkapi) tersebut, nah pada hari ini adalah penyerahan hasil penelitian (kekurangan) administrasi itu,” ujar Hasyim.

Bawaslu diketahui mengabulkan gugatan pelanggaran administrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap sembilan Partai Politik (Parpol). Sebagaimana gugatan itu diajukan sembilan parpol karena tidak diloloskan KPU untuk menjadi calon peserta Pemilu 2019. Dengan begitu, sembilan parpol itu berpeluang untuk kembali mendaftar dan menjadi calon peserta Pemilu 2019 setelah berkas administrasinya dilengkapi. ‎

TAGS : Partai Politik KPU Pilpres 2019

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25643/9-Parpol-Tak-Lolos-Verifikasi-KPU/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz