Terkuak! Ini Alasan Obama Tidak Tebitkan Dokumen Al-Qaida

Terkuak! Ini Alasan Obama Tidak Tebitkan Dokumen Al-Qaida

Barack Obama

Presiden Yayasan Pertahanan Demokrasi, Clifford May mengatakan bahwa beberapa hari setelah dikeluarkannya dokumen Osama bin Laden dari tempat tinggalnya di Abbottabad di Pakistan, menjadi jelas mengapa Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak menerbitkan dokumen-dokumen yang menghubungkan Al- Qaida dengan Iran dan Qatar.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Washington Times pada Rabu, Mey mengatakan para ahli senior di bidang Pertahanan untuk Demokrasi dan pusat lainnya menentang keputusan pemerintah untuk tidak menerbitkan dokumen Bin Laden selama bertahun-tahun. Mereka menginginkan agar semua dokumen tersedia bagi para periset, wartawan, pembuat kebijakan dan opini publik.

Menurut May, Bin Laden dalam memoarnya memuji media Qatar pada saat itu, selain penekanannya pada dampak kelompok Ikhwanul Muslimin dalam pendekatannya untuk mengadopsi ideologi jihad global, dilansir Al Arabiya, Sabtu (11/11)

Presiden Yayasan untuk Pertahanan Demokrasi mengatakan, bagian terpenting dari debat politik saat ini adalah penilaian terhadap 19 halaman dokumen khusus Bin Laden tentang Iran. Dokumen tersebut mengungkapkan, Iran menyediakan segalanya untuk al-Qaeda mulai dari visa, uang, senjata, serta pelatihan di kamp-kamp Hizbullah di Lebanon.

Iran juga menyediakan tempat berlindung yang aman bagi pejuang al-Qaeda dengan imbalan benturan kepentingan Amerika Serikat di Arab Saudi dan Teluk,” menurut dokumen tersebut

Dalam memorandum terpisah, bin Laden sendiri menunjukkan bahwa pada 2007 Iran menjadi sumber utama dana, personil dan komunikasi untuk al-Qaeda.

May menegaskan bahwa al-Qaeda dan Iran bukanlah musuh tapi saingan, bersaing dan berkelahi pada saat bersamaan karena mereka memiliki perbedaan doktrinal yang mendalam.

Direktur baru Badan Intelijen Pusat (D CIA), Mike Pompeo mengatakan dalam pemerintahan Donald Trump,  ia berhasil melakukan upaya besar untuk menerbitkan 470.000 dokumen, foto dan file komputer yang diperoleh dari tempat persembunyian Abbottabad.

Ia mengkritik Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, yang bekerja bertahun-tahun melalui lobi Iran di Amerika Serikat, karena mencegah publikasi dokumen-dokumen yang menunjukkan dukungan Iran untuk organisasi teroris terbesar di dunia. 

TAGS : Osama bin Laden Iran Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24589/Terkuak-Ini-Alasan-Obama-Tidak-Tebitkan-Dokumen-Al-Qaida/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz